Core activity sebuah media online adalah pengunjung membaca tulisan dalam media tersebut. Sumber dana yang menunjang bisa berasal dari:
- Pengunjung yang mau membayar untuk tulisan tersebut, berupa sistem media berbayar atau berlangganan.
- Pengelola media online yang menggratiskan tulisannya untuk dibaca. Sepintas ini tidak masuk akal, untuk apa pengelola media yang mengeluarkan dana dan rugi? Tentu tidak demikian. Pengeluaran tersebut akan terbayar dengan kehadiran pengunjung, dengan harapan kehadiran pengunjung tersebut dapat dikonversi menjadi uang. Misal, untuk ditawarkan ke pemasang iklan.
- Iklan, sumber pemasukan terbesar sebuah media online. Kasarnya, iklan nebeng dalam core activity supaya dapat dilihat oleh pembaca.
- Pihak lain yang berkepentingan, misalnya: propaganda (atau hoax) yang didanai oleh pihak yang akan diuntungkan oleh sebuah tulisan.
Bagaimana dengan media online baru seperti yang ditanyakan? Dengan banyak dan beragamnya jumlah media online yang bermunculan, jawabannya bisa berbeda-beda. Saya pikir semua akan mulai dengan modal pribadi untuk menarik pembaca sebanyak-banyaknya. Dari sinilah bermunculan banyak tulisan-tulisan dengan judul yang bersifat click-bait diiklankan di facebook, karena media online sangat butuh ada pengunjung yang mengakses situsnya.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar